Sunday, 21 June 2015

Bagian Rumah : Ruang Cuci

Ruang cuci, bisa cuci baju, cuci peralatan memasak dan cuci apapun. Ruangan yang terkenal bermain basah-basahan dan bisa berbahaya bagi anak-anak. Selain karena licin dan banyak sekali bahan-bahan kimia dari sabun serta pembersih yang dipergunakan tentunya.

Ruang cuci di rumah saya saat ini, Alhamdulillah berada di pojok belakang rumah, dekat dengan kamar mandi, tempat untuk menempatkan mesin cuci serta wastafel untuk mencuci piring. Namun sayang, sudut ruangan ini kurang sekali mendapat sinar matahari. Padahal ruangan cuci, menurut saya lebih baik yang terkena atau paling tidak mendapat cahaya matahari.

Mengapa Memerlukan Cahaya matahari 

Ruang cuci yang pasti basah, jika tidak terkena cahaya matahari atau malas untuk mengeringkan, akan mudah muncul lumut dan akhirnya terlihat kotor serta licin. Oleh karena itu, sya menginginkan pada rumah impian saya, ruangan cuci ini ditempatkan pada ruangan yang sedikit terbuka dan mendapat cahaya matahari yang cukup.

Apabila rumah yang ditempati tidak memiliki ruangan terbuka atau tidak memperoleh caya matahari, sebaiknya dibuatkan fentilasi untuk keluar masuk udara dan ruangan cuci mendapatkan angin, agar basah dari ruang cuci dapat cepat kering.

Ruang Cuci Rumah Impianku

Akan saya tempatkan di lantai dua, jika saya akhirnya memiliki rumah dengan dua lantai. Jika hanya satu lantai, saya akan menempatkan di pojok ruangan, namun berada di depan jendela besar yang menghadap taman atau lahan yang dipergunakan sebagai tempat menjemur pakaian.

Bagi saya pribadi, saya sangat suka pada bagian rumah yang satu ini. Ruang cuci ini meskipun kadang basah dan lembab, namun wangi akan sabun cuci baju, sabun cuci piring, pewangi baju dan sabun untuk membersihkan lantai.


Produk-produk yang terdapat di ruang cuci

Saya menyimpannya menggunakan rak dan ditempatkan di atas wastafel pencuci piring, bersebelahan dengan mesin cuci dan dekat dengan kamar mandi. Penempatan produk-produk pembersih ini juga perlu diperhatikan karena alasan keamanan. Sebaiknya ditempatkan di atas dan jauh dari jangkauan anak-anak.
 

Salam
@astinas




1 comment:

  1. Setuju mbak, ruang cuci memang harus ada cahaya yg masuk. Menghindari lembab.

    ReplyDelete