Thursday, 18 June 2015

Sambal Terasi ABC, Menemani Makan Sahur

Marhaban ya Ramadhan, Alhamdulillah wa syukurulillah tiba di bulan penuh berkah, bulan penuh hikmah, Ramadhan. Sedetik saya merasakan betapa getaran hati dan tangisan penuh cinta menggelora dari ujung kepala hingga kaki ini. Alhamdulillah saya bertemu kembali dengan bulan Ramadhan, bulan di mana umat islam berlomba-lomba dalam kebaikan, berbahagia menjalani hari-hari dengan ibadah penuh.

Ramadhan Tahun 2015 di Rumah Tercinta

Berbahagia dan tentunya saya ingin membahagiakan orang-orang di rumah, suami dan anak-anak serta pengasuh anakku serta keluarga kami semua. Membahagiakan orang-orang yang saya cintai, di bulan Ramadhan yang suci ini. Ramadhan tahun ini, saya tidak meluangkan waktu untuk menyusun rencana belanja dan menu untuk berbuka puasa dan makan sahur.

Mengapa? mungkin ini salah satu alasan, iya ada bayi dan asisten rumah tangga yang masih baru. Akhirnya saya mencoba membuat menu sederhana sekali untuk makan sahur. Yup, ketika sebagian masyarakat berlomba-lomba dalam menyusun menu berbuka dan makan sahur, saya tidak. 

Sambal Terasi ABC

Sambal terasi merek ABC saya beli beberapa mingu sebelum bulan puasa datang, karena tertarik atas rekomendasi dari adik. Saya beli di toko biasa membeli produk-produk frozen di daerah Poris. Harganya sekitar 15.000 rupiah dengan kemasan yang menarik, jar kaca.

Sambal terasi ABC saya sajikan dengan terong dua warna, warna ungu dan warna hijau yang kecil untuk sajian makan suami di rumah. Ternyata suami saya senang sekali, apalagi ditambah menu sayur asem, heeeeem.... karena belum beli tempe, sajiannya kurang nendang, nich.

Nah, karena saya tidak menyusun menu satu bulan untuk menu buka puasa dan sahur, maka saya menyiapkan saja sambal terasi ABC ini, niatnya ingin stock lagi. Maka, malam sebelum puasa berbelanjalah saya di Giant Poris, iyaaah..kok sambal terasi ABC kosong, adanya sambal hijau, sambal bajak dan sambal apa lagi itu ya.

Makan Sahur Puasa Pertama

Makan sahur puasa pertama, saya menyiapkan bayam merah rebus secukupnya, lalu menggoreng tempe dan sosis untuk suami dan ibu mertua. Hm...aroma bayam merah yang lembut sekali dipadu dengan tempe goreng yang gurih serta sambal terasi ABC membuat sahur pertama saya makin nikmat.


Sambal terasi ABC rasanya legit, manis dan cukup pedas, jadi saya menggunakan cukup sedikit sambalnya untuk tiga potong tempe dan sedikit bayam merah rebus. Alhamdulillah jika yang makan saya sendiri mah, bisa satu bulan, namun karena makannya bersama suami, mungkin akan ditambah stock lagi dech, sambal terasi ABCnya.

@astinas


Ramadhan ke 1

No comments:

Post a Comment